Sering kali terjadi oleh para pengguna mobil yang mengalami mobil ndut-ndutan saat injak gas sehingga mobil harus dibawa ke bengkel. Tidak hanya terjadi pada mobil bekas saja melainkan juga hal ini sering pula terjadi pada mobil baru dengan mesin yang baru pula. seringnya  mobil ndut-ndutan saat injak gas ini dikarenakan oleh kurangnya perawatan dan penggunaan mobil secara terus-terusan. sekalipun mobil baru jika para pengguna mobil melupakan perawatan dan penggunaan mobil dengan tepat maka akan berpengaruh terhadap performa mobil.

3 Penyebab utama mobil ndut-ndutan saat injak gas

mobil tidak bisa distarter

Dalam supply bensin terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi mobil ndut-ndutan saat injak gas diantaranya seperti pompa bensin, filter bensin dan injektor. Pertama pompa bensin, seringkali kendala ini terjadi karena hal sepele dari pengguna yang tidak pernah mengecek pompa bensin pada mobil. Pada prinsipnya pompa bensin yang terdapat dalam mobil ada dua jenis yaitu pompa elektrik dan mekanik. Letak perbedaan keduanya pada cara mesin pompa bekerja.

Pompa mekanik bekerja dengan memompa bensin dari tangki yang berada pada bagian bawah mobil untuk disalurkan menggunakan mesin, sedangkan pompa elektrik bekerja menggunakan daya listrik atau aki. Jika rusak akan menyebabkan oli bocor mengenai pompa tersebut lalu menghambat bensin dan menyebabkan mobil ndut-ndutan saat injak gas. Pompa elektrik yang tidak dirawat juga akan kesusahan mendapatkan daya dan mengganggu aliran bensin.

Apabila terjadi kerusakan pada pompa bensin mobil Anda, segera datangi bengkel mobil terpercaya seperti Bengkel Dokter Mobil. Selain permasalahan pompa bensin, filter bensin juga dapat bermasalah dan membuat mobil Anda ngadat ketika di gas. Filter bensin ini memiliki fungsi utama untuk menyaring kotoran pada bensin agar tidak masuk pada mesin ataupun menyumbat supply bensin. Jika filter ini terlalu banyak kotoran juga akan menyumbat saluran bensin, sebaiknya filter bensin segera dibersihkan dengan mengocok bensin pada bagian filter.

Komponen terakhir pada supply bensin yaitu injektor, injektor memiliki fungsi utama mengeluarkan bensin ke ruang bakar. Injektor ini dapat tersumbat akibat adanya kotoran atau filter bensin yang tidak berfungsi. Apabila injektor ini tersumbat maka harus segera dibersihkan dan dihilangkan bagian yang menjadi kendala. Untuk membersihkan injektor ini dapat disemprot dengan angin kecepatan tinggi, jika mesinnya injeksi maka harus segera dibawa ke bengkel untuk dikalibrasi.

Selain supply bensin, penyebab mobil ndut-ndutan saat injak gas yaitu supply udara. Masalah yang paling sering terjadi pada supply udara biasanya adalah pada filter udara dan ruang vakum. Filter udara seringkali terhambat akibat adanya kotoran yang sudah menumpuk. Jika filter ini menumpuk, maka udara yang seharusnya menjadi pencampuran pembakaran  bensin menjadi tidak cukup. Apabila hal seperti itu terjadi, Anda harus segera melakukan pembersihan filter udara dengan menyemprotkan angin kecepatan tinggi berlawanan arah.

Baca Juga : Kapasitas Oli Mesin Avanza 1300

Kebocoran selang vakum pada supply udara berakibat sangat fatal karena karburator yang seharusnya normal jadi terhambat. Umumnya, jika masalah ini terjadi secara visual nilai rpm pada kecepatan Anda akan tidak stabil, namun jika dibiarkan sampai parah akan menyebabkan mobil ndut-ndutan. Sebaiknya apabila hal semacam ini terjadi silahkan cek kabel dan pastikan tidak ada kebocoran, jika ada segera bawa ke bengkel terdekat.

sistem pengapian busi

Pada sistem pengapian terdapat satu komponen utama yaitu busi. Busi punya fungsi utama sebagai pemercik api dalam proses pembakaran pada ruang bakar. Namun yang sering ditemukan di lapangan, busi sudah tak layak lagi digunakan alias mati. Jika busi mati maka Anda akan merasakan mobil ndut-ndutan, dan salah satu solusinya adalah mengganti busi Anda yang sudah mati.

Saat mobil ndut-ndutan saat injak gas membuat Anda sebagai pengendara mobil menjadi khawatir jadi mogok dan menimbulkan masalah baru. Namun semua masalah itu bisa diatasi ketika Anda sudah tahu apa yang menjadi penyebabnya. Selain itu, melakukan perawatan secara rutin juga akan mencegah hal-hal semacam itu terjadi. Segera bawa mobil Anda ke bengkel Dokter Mobil untuk servis secara rutin agar terhindar dari masalah mobil ndut-ndutan.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *