Sedang bertanya-tanya penyebab mobil matic nyentak tapi tak kunjung menemukan solusi, maka Anda berada di tempat yang tepat saat ini. Merawat mobil matic memang tidak mudah, tapi kalau sering nyentak alias mati sendiri, itu artinya perawatan mobil itu kurang maksimal. Kira-kira penyebab terjadinya mobil matic nyentak bisa dikarenakan perawatan mobil yang Ketika mobil matik nyentak Anda tidak bisa langsung menduga bagian mana yang rusak.

Mencari penyebab mobil matic nyentak memang membutuhkan analisis yang tepat untuk mencegah masalahnya agar tidak semakin merambat. Mobil matik nyentak pun sering kali disebabkan karena keteledoran Anda dalam mengganti oli, penyetelan accelerator kickdown dan hal sepele lainnya.Namun jangan Anda menyalahkan diri sendiri terlalu dalam, barangkali Anda belum mengetahui mengenai beberapa faktor utama.

Berikut Beberapa Faktor Utama Kenapa Mobil Matic Nyentak

komponen clutch and brake

Penyebab mobil matic nyentak bisa langsung cek komponen dalam mesinnya. Komponen terpenting dalam mobil matic Anda sangat mempengaruhi performa mobil matic dengan baik. Komponen Clutch dan Brake yang terdiri dari susunan plat kopling basah, ketika mobil matic Anda bekerja kedua komponen ini akan saling menggesekkan antara satu sama lain.

Apabila komponen Clutch dan Brake ini sudah Aus atau sudah terlalu sering dipakai sehingga tidak layak guna lagi, maka jelas ia akan mengganggu performa mesin mobil matic Anda. Komponen Clutch dan Brake akan terganggu ketika mesin bekerja, keduanya akan mengalami kendala ketika harus saling bergesekan. Untuk itu kedua komponen ini haruslah sering diperhatikan.

Masalah Pada AT Solenoid

Selanjutnya penyebab mobil matic nyentak adalah AT Solenoid yang bermasalah. AT Solenoid merupakan komponen yang salah satunya dari mesin matic bekerja secara elektrik berdasarkan perintah TCM (Transmission Control Module). Komponen ini memiliki fungsi utama untuk mengatur aliran oli.

AT Solenoid mengatur aliran oli matic di dalam Valve body AT guna mengaktifkan komponen-komponen gerak AT seperti komponen Clutch dan Brake hingga hydraulic damper clutch yang terhubung dengan Torque Converter. Karena pentingnya komponen AT Solenoid ini jika ada gangguan di dalamnya akan berpengaruh pada mobil matic Anda.

Apabila AT Solenoid bermasalah maka aliran oliu matic jelas akan terganggu. Aliran oli yang terkendala mengakibatkan kerja mesin terganggu dan mobil matic Anda akan nyentak.

perbedaan oli mobil kotor

Oli adalah bahan penting dalam setiap kendaraan, terlebih mobil matic. Mobil matic memiliki perbedaan sistem kerja mesin yang berbeda dengan mobil lainnya. Untuk itu memperhatikan oli pada mobil matic Anda sangatlah penting.

Mobil matic dalam menjalankan mesinnya menggunakan prinsip utama sistem hidrolik, dimana kontrol kerja ini diandalkan dari oli matic. Jika oli matik ini bermasalah seperti kotor dan rusak maka otomatis akan mengganggu transmisi komponen lainnya yang menyebabkan mobil matik nyentak.

Ketika oli matic kotor dan rusak maka seluruh komponen sistem akan terpengaruh menjadi mobil matic terasa nyendat. Hal ini akan sangat terasa saat persneling digeser bahkan saat sedang melaju.

Komponen Elektrik bermasalah

Penyebab mobil matik nyentak selanjutnya adalah komponen sistem elektrik AT yang bermasalah. Mobil masa kini telah banyak menggunakan kontrol elektrik melalui sebuah komputer atau biasa disebut TCM TCM (Transmission Control Module). sistem elektrik kebanyakan terdapat sensor, transmisi dan aktuator. Semuanya bekerja secara elektrik untuk mengatur kerja clutch dan brake pada transmisi AT dengan tekanan sistem hidrolik.

Seperangkat komponen AT ini bekerja saling melengkapi. Apabila salah satu komponen AT ini mengalami gangguan, sistem indikator AT melalui lampu penanda di panel kemudi akan menyala dan dapat menyebabkan mobil matic Anda nyentak, karena yang terserang adalah komponen AT maka diperlukan scanner khusus yang sesuai transmisi yang bermasalah.

Mobil Matic Nyentak

Seperti yang telah dibahas di awal, terkadang penyetelan kabel Accelerator Kickdown ini sangatlah sepele namun sering menjadi penyebab mobil matic nyentak. Hal ini karena penyetelan kabel yang dilakukan tidak tepat.

Kabel Accelerator Kickdown terpasang di dekat throttle valve yang tergabung dengan accelerator pedal gas. Kickdown akan terjadi secara tiba-tiba ketika pedal gas ditekan, jika kabel dipasang tidak benar maka akan menjadikan hentakan pada mobil matic hingga mobil matic nyenyak.

Baca Juga : Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Faktor penyebab mobil matik nyentak tidak hanya dipengaruhi oleh performa mesin, tetapi juga  oleh ketidaktelitian dari pemilik mobil. Itulah mengapa cara menggunakan dan merawat mobil matic juga menjadi poin penting agar mobil matic tidak nyentak alias mati sendiri. Oleh sebab itu, servislah mobil matic Anda secara teratur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tiba-tiba mati dan lain sebagainya.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *