Sebelum mengetahui berapa harga ganti oli mobil, Anda sebaiknya harus tahu dulu jenis-jenisnya. Mengapa? Sebab oli punya peran penting. Salah satu peran penting dari oli adalah sebagai pelumas mesin, ketika tidak ada oli maka mesin mobil akan jadi cepat panas dan akhirnya cepat rusak. Untuk mencegah agar hal semacam itu tidak terjadi, sangat penting untuk Anda untuk terus menjaga kualitas oli mobil agar tetap baik. Dimana cara menjaga kualitasnya yaitu dengan rajin menggantinya dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Namun sebelum itu, Anda harus tahu jenis-jenis oli mobil berikut ini:

Jenis-jenis Oli Mobil Yang Harus Diganti Rutin

jenis-jenis oli

Jenis oli mobil pertama adalah oli mesin, dimana jenis oli ini berfungsi sebagai pelumas mesin dan mengurangi gesekan serta mendinginkan mesin. Untuk jenis oli mesin, ada baiknya untuk diganti ketika mobil Anda sudah menempuh jarak 5 ribu km sampai 10 ribu km. Oli mesin ini harus kalian perhatikan betul karena perannya yang sangat vital untuk kesehatan mobil anda dan harga ganti oli mobil jenis ini tidak terlalu mahal dan sering. Namun jangan salah, oli mesin juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang menentukan harga ganti oli mobil, diantaranya yaitu:

    1. Oli mineral

Oli mineral merupakan oli yang berasal dari perut bumi dan harga ganti oli mobil jenis ini sangat terjangkau. Selain itu, oli mineral juga sangat cocok digunakan untuk mobil yang masih menggunakan mesin diesel. Jadi, agar kinerja mesin diesel yang berat berjalan dengan baik, pastikan mobil Anda menggunakan oli mineral.

    1. Oli semi sintetis

Jenis oli mesin yang berikutnya yaitu oli semi sintetis. Oli semi sintetis dibuat dengan mencampurkan bahan aditif dengan indeks viskositasnya. Dengan begitu, oli jenis ini sangat cocok untuk digunakan pada mesin sedang seperti mobil penumpang.

    1. Oli sintetis

Jenis oli mesin yang ketiga adalah oli sintetis atau oli yang terbuat dari bahan buatan. Karakter dan kualitas dari oli sintetis pun bisa diatur sesuai dengan keinginan. Sayangnya, harga oli sintetis cenderung mahal dan banyak digunakan oleh mobil-mobil modern seperti mobil sport.

Oli ini dibuat dari bahan buatan. Oleh karena itu karakter dan kualitas oli bisa diatur sesuai keinginan. Sayangnya oli sintetis memiliki harga yang mahal. Mobil modern, sport adalah mobil yang sering menggunakan oli sintetis.

Jenis oli yang selanjutnya adalah oli transmisi dan tentu saja, oli bisa digunakan untuk melumasi sistem transmisi. Oli transmisi berfungsi untuk memproses ganti gigi pada mobil agar mudah dan lancar. Biasanya oli transmisi dipakai oleh mobil manual atau mobil matic dan tentu saja memiliki kekentalan yang berbeda.

Baca Juga : Harga Service AC Mobil

Untuk oli transmisi pada mobil manual, bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah bahan alami yang kekentalannya berada diatas SAE 40. Selain itu, oli transmisi pada mobil manual sebaiknya diganti saat kendaraan Anda menempuh jarak 10 ribu km. Sementara oli transmisi yang biasa digunakan pada mobil matic adalah Automatic Transmission Fluid (ATF)  yang harus diganti ketika mobil sudah menempuh jarak 20 ribu km.

Jenis oli yang satu ini memang sangat jarang didengar, tetapi fungsinya sangat penting, yaitu menghubungkan transmisi ke bagian gardan agar berjalan dengan lancar. Pada saat Anda mendengar dengungan ketika mobil berjalan, maka itu berarti oli gardannya berkurang dan encer. Sebaiknya, agar kualitas oli gardan tetap terjaga, Anda disarankan untuk mengganti ketika sudah menempuh jarak 10 ribu km. harga ganti oli mobil pada jenis ini memang harus rutin karena jika telat bisa menyebabkan kerusakan yang tingkatannya sedang hingga berat.

Jenis oli yang satu ini banyak disebut dengan minyak rem, dimana fungsinya yaitu menyalurkan tenaga dari bagian pedal ke kaliper rem. Minyak rem biasanya dibuat dari bahan sintetis dengan tingkat viskositas yang rendah. Penggantian oli remi harus dilakukan ketika olinya mengalami perubahan atau setelah menempuh jarak kurang lebih 30 ribu km.

Yang berikutnya yaitu oli power steering, dimana oli ini berwarna oranye atau sedikit merah muda.Fungsi oli ini yaitu memudahkan Anda dalam mengendalikan kemudi mobil. Oli power steering harus segera diganti jika warnanya sudah hitam atau coklat. Jadi, pastikan segera menggantikan ke bengkel untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Solusi Harga Ganti Oli Mobil

biaya perbaikan di bengkel

Jika Anda ingin mendapatkan harga ganti oli mobil terjangkau, langsung saja ganti oli mobil Anda di bengkel Dokter Mobil. Bengkel Dokter Mobil memiliki oli terbaik yang bernama oli Ravenol. Oli Ravenol merupakan oli buatan Jerman yang sudah mendapat penghargaan dari F3 European Championships dan termasuk Dexos 2 Certified.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *