Apabila Anda ingin tahu biaya service AC mobil, maka lebih Anda harus tahu kalau terdapat dua tipe pengerjaan untuk servis AC mobil. Tipe pertama adalah basic service dan tipe yang kedua adalah advanced service, dimana kedua jenis pengerjaannya pasti berbeda. Lalu apa sajakah yang membedakan kedua jenis servis tersebut? Simak ulasannya berikut!

Jenis Pengerjaan Servis AC Mobil

harga service ac mobil

Untuk basic service akan dilakukan pada saat mobil Anda telah menempuh jarak mulai dari 10 ribu km hingga 20 ribu km atau paling tidak sekitar setahun. Jenis servis yang  satu ini sebaiknya dilakukan apabila mobil sudah menempuh perjalanan 10 ribu km bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan padat dan sering menyalakan AC. Hal tersebut dilakukan agar AC tetap dalam performa terbaiknya dan menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah.

bengkel mobil terbaik

Namun jika Anda tinggal di daerah yang tidak padat penduduk dan udaranya relatif bersih, maka lakukan service AC rutin ketika mobil Anda sudah menempuh jarak lebih dari 20 ribu km. Pengerjaan basic service biasanya hanya melakukan pemeriksaan dan perawatan kompresor, seperti ganti oli lalu membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Selain itu, juga mengganti bagian Receiver Dryer dan Filter Kabin. Dua komponen tersebut tidak bisa diperbaiki karena sifatnya yang memang hanya sekali pakai saja.

Apabila basic service dilakukan setahun sekali, maka advanced service apabila sudah pemakaian sudah mencapai 2 tahun. Dalam rentang waktu yang lama tersebut, pastinya akan terdapat banyak item yang harus diservis, mulai dari maintenance kompresor, evaporator hingga kondensor. Tidak hanya itu, bagian lainnya seperti Expansi Valve, Filter Kabin dan Receiver Fryer juga harus diganti. Akibat ada banyak item yang harus diganti dan dirawat, maka servis yang satu ini akan membutuhkan waktu hingga 4 jam. Dan akan bergantung pada ringan atau beratnya masalah pada komponen mobil Anda.

Biaya Service AC Mobil

biaya perbaikan di bengkel

Untuk biaya service AC mobil umumnya akan bergantung pada buatan pabrikan mana mobil yang Anda miliki itu. Apabila mobil yang dimiliki buatan pabrikan asal Jepang. Maka biaya perawatan AC-nya akan jauh lebih murah ketimbang mobil buatan pabrikan Eropa. Biaya perawatan AC mobil buatan pabrikan Jepang sekitar Rp300 ribuan. Sedangkan untuk mobil buatan Eropa akan berkisar dari Rp1,2 juta sampai Rp 2 juta. Itu masih menghitung biaya perawatannya saja dan belum termasuk biaya penggantian sparepart.

Baca Juga : Perbedaan Bengkel Mobil Resmi Dan Umum

Demi mencegah terjadinya pembengkakan biaya service AC mobil, Anda dianjurkan untuk rutin melakukan perawatan AC mobil secara teratur. Jika ingin melakukan perawatan AC mobil, Anda bisa datang langsung ke bengkel Dokter Mobil yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dalam menangani masalah AC. Bengkel Dokter Mobil merupakan pelopor servis AC tanpa harus bongkar di Indonesia. Karena melakukan servis tanpa bongkar akan memberikan hasil yang lebih aman dan juga cepat. Membongkar sistem AC hanya akan memperpendek umur AC mobil Anda dan menambah pengeluaran biaya service ac mobil lagi. Jadi, tidak perlu ragu lagi dan segera lakukan perawatan mobil Anda di bengkel Dokter Mobil.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *