Bingung mau membawa kendaraan Anda ke bengkel mobil umum atau resmi? Tidak perlu bingung karena Anda berada di tempat yang tepat. Memang mencari bengkel untuk servis kendaraan sekarang ini bukan lagi sebuah pekerjaan yang sulit, karena di setiap sudut jalanan, Anda pasti bisa menemukannya. Entah itu bengkel yang resmi atau bengkel umum, Anda bisa menemukannya dengan mudah setiap saat. Namun pertanyaannya, manakah yang lebih baik antara bengkel resmi atau bengkel umum sebagai tempat servis mobil?

Sebenarnya, baik bengkel mobil resmi atau umum, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung dari yang punya kendaraan saja, mau memilih bengkel yang mana, apakah mau ke yang resmi atau umum? Biasanya, setiap pemilik mobil akan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi pada saat itu. Namun, biar tidak bingung apa yang menjadi perbedaan antara kedua jenis bengkel tersebut, kali ini kita akan membahasnya untuk Anda.

hal yang harus kalian perhatikan sebelum memilih bengkel mobil

  1. Dari segi layanan dan teknisi

bengkel mobil terbaik

Jika dilihat dari segi layanan dan teknisi, bengkel mobil umum biasanya tidak memiliki ikatan kerjasama dengan brand mobil tertentu. Dalam artian, semua jenis mobil bisa melakukan perawatan di bengkel umum, karena suku cadang yang mereka miliki biasanya beragam. Mulai dari suku cadang yang asli (sama seperti yang disediakan di bengkel resmi), suku cadang non-OEM sampai suku cadang yang tidak asli alias kualitas rendahan.

Sementara jika dilihat dari kualitas teknisi yang dimiliki oleh bengkel umum sifatnya relatif, artinya tidak ada jaminan kalau teknisi yang mereka miliki memang memiliki keahlian di bidang tersebut. Sebab, setiap teknisi yang dipekerjakan oleh bengkel umum tidak akan mendapat sertifikat meskipun mereka memiliki kemampuan mumpuni. Para teknisi di bengkel umum akan memiliki sertifikat jika dan hanya jika mereka mengikuti pelatihan khusus saja, selain dari itu, tidak ada sertifikat.

Sementara untuk bengkel resmi biasanya akan memiliki ikatan kerjasama dengan brand penjualan (dealer) atau biasa disebut dengan Agen Pemegang Merek (APM). Itulah mengapa bengkel resmi umumnya hanya akan melayani servis kendaraan dengan merk yang mereka jual saja, selain dari brand yang mereka miliki tidak bisa. Sementara untuk suku cadang, bisa dipastikan jika bengkel resmi menyediakan suku cadang yang asli dan tidak ada yang menyediakan suku cadang kualitas rendahan atau tidak asli.

Sedangkan untuk teknisinya, bengkel resmi sudah dijamin memiliki tenaga yang memang berkompeten di bidangnya. Sebab, setiap teknisi yang dimiliki oleh bengkel resmi umumnya diberikan pelatihan khusus sesuai dengan bidangnya. Maka jangan heran, ketika Anda membawa kendaraan servis ke bengkel resmi, teknisi yang menangani setiap bidang pastilah berbeda. Umumnya akan terbagi menjadi teknisi perbaikan umum (general repair), mandor perbaikan umum (foreman general repair) hingga penasihat layanan (service advisor).

  1. Dari segi harga untuk jasa

biaya perbaikan di bengkel

Tarif rata-rata yang dipatok oleh bengkel mobil umum untuk setiap servis kendaraan umumnya akan berdasarkan hasil diagnosa dari teknisi yang mengerjakan. Harga untuk servis kendaraan akan bervariasi, misalnya untuk biaya tune-up harga yang dipatok sebesar Rp 350 ribu, ada juga yang lebih murah, bahkan ada juga yang lebih mahal. Jadi, semua akan bergantung dari teknisi yang mengerjakan dan suku cadang yang misalnya harus diganti.

Sedangkan untuk tarif servis di bengkel resmi juga umumnya bervariasi, dan akan bergantung pada jenis mobil dan perawatan yang dilakukan. Umumnya, di bengkel resmi akan berlaku pengkategorian jenis kendaraan serta kilometre yang dikeluarkan. Biaya jasa perawatan dan suku cadang pun juga dipatok berbeda-beda. Contohnya, Anda ingin servis mobil Honda Brio (MT) untuk 20 ribu km, maka tarif jasanya akan sekitar Rp 458 ribu, kemudian untuk komponen dan kimia sekitar Rp 379 ribu, begitulah kira-kira estimasi biayanya.

  1. Dari segi peralatan yang dipakai

Apabila ditinjau dari segi peralatan yang dipakai, bengkel mobil umum, biasanya juga memiliki peralatan yang lengkap, meskipun tidak semuanya punya. Tetapi, bukan berarti mereka tidak bisa mengerjakan perbaikan seperti power steering atau lain sebagainya. Biasanya tetap bisa dengan menggunakan peralatan seperti alat pendongkrak, namun tetap ada yang menggunakan hidrolik pada umumnya.

Jika bicara soal peralatan, bengkel resmi tentu tidak perlu dipertanyakan lagi, karena mereka pasti sudah didukung dengan peralatan canggih. Bengkel resmi pasti memiliki hidrolik untuk pemindai, memeriksa kaki-kaki dan lain sebagainya. Namun memang sudah seharusnya sebagai bengkel resmi, peralatan yang dimiliki wajib lengkap, dan tidak bisa seperti bengkel umum.

Baca Juga : Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil

Tetapi, apapun pilihan Anda, baik bengkel mobil umum atau resmi, hal yang terpenting adalah melakukan perawatan kendaraan secara rutin. Sebab, bengkel apapun yang dipilih, semuanya akan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tidak peduli apakah itu bengkel umum atau resmi. Namun, jika ingin melakukan perawatan mobil di tempat yang terpercaya,

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *